Operating System Windows anda mengalami kerusakan karena virus, atau system korup, kadang menyebabkan Komputer dan Laptop kita menjadi tidak bisa digunakan. Apabila kita orang awam, dan belum bisa cara memperbaikinya, biasanya akan segera membawa ke tukang service komputer ( bakalan mbayar Dech.. :) ). Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial secara lengkap cara Install Windows XP SP3 Lengkap untuk Pemula atau bagi orang yang belum pernah melakukan Install Windows XP pada komputer atau laptop.

Install Windows XP
Jangan Khawatir, Cara ini sangat efektif untuk anda, karena saya akan memandu dengan gambar dalam melakukan instalasi windows XP pada Komputer anda. Apa saja yang dibutuhkan untuk  Install Windows XP ?. Beberapa alat yang di perlukan dalam menginstall windows XP adalah :
  • CD Windows XP ( SP1 / SP2 / SP3 )
  • CD ROOM / DVD ROOM

Perlu di perhatikan " Apabila anda akan melakukan Install Ulang Windows XP atau Operting System Windows anda, sebaiknya simpan data Flash Disk, atau media lain Selain Drive C:/ (misal drive D:/ E:/ dll) untuk menghindari Penghapusan data." Biasakan untuk menjadikan My Documents atau data tidak berada di Drive C:/ atau pada Drive yang terdapat Operating system. Tujuanya adalah menghindari data terhapus pada saat melakukan Installasi Ulang.

Oke kita mulai saja install Windows XPnya. Masukkan CD master Windows XP terlebih dahulu ke CDROM/DVDROM anda. Lalu nyalakan / restart komputer anda, kemudian pada saat tampil gambar awal komputer start (seperti gambar 1),tekan tombol "Delete" pada keybord agar anda dapat masuk setting BIOS (Basic Input Output System) komputer. Pada beberapa jenis Motherboard harus menekan "tombol F2" pada keyboard. Anda bisa melihatnya pada perintah "Press DEL to run Setup" atau "Press F2 to run Setup".

Pilih item Boot Device Priority seperti pada gambar dibawah ini. Jika anda menggunakan jenis motherboar lain cari saja di bagian "Advanced Bios Features" cari di bagian Setting Boot. Setting ini untuk membuat CDROOM / DVDROOM sebagai boot pertama kali.

Setelah itu anda rubah [CDROM] pada posisi "1st Boot Device" untuk boot melalui CDROM dengan menggunakan tombol +- atau sesuai dengan perintah di setting (biasanya di laptop F5 dan F6)di keyboard. Selanjutnya tekan F10 atau "Exit and Save" pada menu untuk menyimpan konfigurasi.


Langkah selanjutnya adalah Restart komputer, tunggu hingga muncul tulisan "Pres any key to boot from CD..." lalu tekan sembarang tombol dengan cepat. Selanjutnya akan muncul layar biru dengan menu pilihan instalasi, tekan tombol Enter untuk melanjutkan proses install atau tombol R untuk melakukan reparasi Windows di Recovery Consule (ini untuk pilihan Repair windows) atau F3 untuk keluar / mengakhiri proses install.


Lanjut pada Lisencing Agreement "tekan tombol F8" untuk lanjut dan "tombol ESC" untuk batalkan proses install.


 Selanjutnya anda akan masuk ke Area Partisi, disini anda bisa menyeting partisi untuk keperluan Installasi windows XP. Apabila di komputer anda telah terdapat sebuah sistem windows (biasanya di C:) maka akan ada partisi di menu ini dan anda bisa Menghapus partisi dengan menekan "huruf D" >> "huruf L" (biasanya hanya untuk Partisi yang bersistem atau Drive C: untuk partisi lain hanya huruf D). Untuk membuat partisi menggunakan "Tombol C" jika hardisk belum di partisi.


Untuk membuat partisi anda hanya menekan huruf C dan mengisikan berapa kapasitas dari hardisk dan Tekan Enter :


Tekan enter untuk melanjutkan penginstallan setelah partisi terbuat.


Selanjutnya Format partisi yang telah kita buat dengan memilih menu format. Gunakan pemformatan dengan system NTFS dan mode quick.


Tekan enter untuk melanjutkan. Selanjutnya windowws akan mengcopy secara automatis file system yang digunakan untuk installasi dan di akhiri dengan Restart recara automatis. Biarkan saja windows jalan dengan sendirinya dan apabila benar maka komputer akn tampilan berikut ini :


Selanjutnya tunggu hingga windows meminta Setting Regional (NEXT saja), Nama (Isikan dengan benar nama dan Perusahaan atau nama saja dan kosongkan perusahaan lalu NEXT), dan Serial Code Windows XP (Isikan 25 serial code kedalam form yang telah disediakan dan tekan NEXT) .


Setelah itu lanjutan ke proses berikutnya. Isikan Login akses untuk masuk ke Windows dengan menulis Nama dan Password. Jika password di kosongkan maka untuk masuk tanpa menggunakan password. NEXT untuk melanjutkan.


Proses selanjutnya adalah menyeting waktu. Cari Local time GMT +07 untuk area indonesia. Lanjutkan dengan Next.


Proses selanjutnya adalah menyeting jaringan atau (Networking Setting). secara default dengan menggunakan typical setting maka IP Address dalam keadaan belum terisi. Pilih saja "Next" untuk melanjutkan (pilih Typical Setting).


Apabila anda terhubung dengan jaringan dalam Setting Network anda bsia mengisi Nama jaringan yang ada. tetepai jika jaringan masih menggunakan Nama Default (WORKGROUP) maka isi dengan nama "WORKGROUP" dan lanjutkan dengan NEXT.


Setelah bagian menyalin dan mengkonfigurasi Networking selesai, Anda akan diminta untuk memastikan konfigurasi setting pada layar monitor telah benar jika anda ingin menyesuaikan tinggal menekan tombol OK.



Minimum resolusi adalah 800×600.  Selesai Setup dan melakukan boot Windows.


Sebuah layar Selamat datang akan tampil pertama yang akan Anda lihat. Komputer memeriksa konektivitas internet Anda. Pilih Saja NEXT >> SKIP>> NEXT


Untuk menu Register with Microsoft apabila anda sudah memiliki koneksi untuk berinternet dan memiliki lisensi silahkan pilih yes. Jika Tidak pilih NO dan NEXT. 


Windows XP akan meminta Anda untuk memasukkan default username, yang bsia digunakan di komputer. Tetapi Anda cukup membuat 1 saja untuk menyelesaikan instalasi. User Administrator tidak ditampilkan sebagai pilihan logon yang valid.


Selanjutnya Pilih FINIS ! untuk mengakhiri instalasi Windows XP.


Pada akhir Install Windows XP Akan menampilkan Halaman Desktop, dan anda siap untuk menginstall Program lain yang anda inginkan



Semoga tutorial ini membantu, apabila masih ada yang belum jelas, silahkan berikan pertanyanan, masukan di form Comment dibawah artikel "Install Windows XP SP3 Lengkap untuk Pemula". Tunggu Tutorial saya selanjutnya berkenaan dengan Install Software Program di Windows, dan tutorial Lain yang berhubungan dengan Internet dan Teknologi. Salam.

Update : bagi anda yang memerlukan informasi Install Windows dengan Flashdisk silahkan Baca Cara Install Windows XP dengan Flashdisk

Berikan KLIK »» Apabila Informasi atau Ulasan

Install Windows XP SP3 Lengkap untuk Pemula

Bermanfaat untuk anda, Terimakasih.

Related Post for Install Windows XP SP3 Lengkap untuk Pemula :




19 comments

  1. joeny  

    28 Juli 2011 13.18

    yo aye mas...
    mantep...
    tp ane sekalian mo nanya mas, kenapa ya sofware/aplikasi sp2 gk mo di instal di sp3 ya?
    ada cara lain gk mas?
    coz,, di sp2 bnyak aplikasi/program yg gk mugkin di ilangin begitu saja...
    makasih

  2. Dona Alfian  

    29 Juli 2011 08.13

    @joeny: mas jon, kalo dari sp2 ke Sp3 ngga bisa di install ada kemungkinan program yang anda mau install itu batas maksmial programnya hanya sampe sp2 saja atau kompatible sama sp2 jika tidak coba lihat spesifikasi program... mungkin mas jony perlu cari versi yang lebih tinggi dari program itu, coba di back up doloe data datanya hasil dari program itu biar nanti kalo pas di install masih ada yang bsia di amankan.. kalo boleh tau program apa ya mas jonny... salam

  3. scnk  

    30 Oktober 2011 21.14

    izin kopy di blog ya gan

  4. arens  

    4 Desember 2011 01.23

    laptop saya awalnya terkena virus,,,lalu saya coba instal ulang

    tapi virus itu muncul terus setiap saya mencolok FD..padahal sudah saya scan pakai semua jenis antivirus

    bila komp berjalan normal, virus g ke detek

    tp waktu colok FDlangsung detek

    jenis virusnya ramnit...ada solusi g bang??

  5. Dona Alfian  

    4 Desember 2011 02.38

    @arens : Och kalo itu biasanya Virus dari komputer lain, kalo pake antivirus smadav biasanya akan kedetek tapi kadang ngga bisa nyembuhin juga, kalo pengin antivurus gratis ringan coba pake Avast bisa download di websitenya. trus register pakai email kamu yang bener akan gratis selama 1 tahun lumayan. buat ngedetek virus lokal bisa dikasih smadav juga biar makin kuat. insyaaloh bisa ilang itu virusnya, and jangan lupa kalo pas online di update.

  6. Ocir Smada  

    5 Desember 2011 05.05

    Gan, ni saya ada problem Ane udah downld Win XP SP 3 tpi bngung isntalnya udah di bakar and live boot tpi error di tengah jalan

    Ap kalo mau instal harus punya versi yg sbelumnya ya ?

    maaf agak gaptek

  7. Dona Alfian  

    5 Desember 2011 05.13

    Ocir Smada : Coba di cek doloe itu windows yang mau di Upgrade SP berapa, kalo SP1 biasanya kadang ada error pas upgrade mungkin karena doloe pas install ada file yang dibutuhkan ngga ke install atau tidak masuk. Kalo pake SP2 trus Upgrade SP3 lancar-lancar ajah.. Kalo mau update coba cari yang SP2 doloe paru di Upgrade SP3 semoga ngebantu sob..

  8. Ocir Smada  

    5 Desember 2011 05.17

    Dan Kalo buat Windows Xp Destination Dream gmn ??

    mohon pencerahanx

  9. Ocir Smada  

    5 Desember 2011 05.27

    Truz Agan pnya linkx Win XP SP 2 or 1 ga ??

    Thax dah mau nanggapi

  10. Dona Alfian  

    5 Desember 2011 06.49

    Ocir Smada : Ini Link Download untuk Windows XP SP2 Download Disini kalo SP 1 biasanya udah ada dalam CD Installer Windows XP.

    Dan Kalo buat Windows Xp Destination Dream bisa Langsung download atau Baca artikelnya di sini

  11. retagpen  

    22 Desember 2011 11.05

    maaf mas saya coba kok ada pesan ini di mode gui nya / pilihan ke 2
    \system32\hal.dll

  12. Nono's Blog  

    18 Januari 2012 17.34

    mas, bisa tidak kalo CPU saya cuma bisa CD rom aja,, tp kaset install windows saya DVD rom.. mohon bantuannya terima kasih!!

  13. JOELAPTOP  

    6 Februari 2012 11.24

    mau beli laptop Di Joelaptop aja
    kunjungi juga website kita ya
    http://joelaptop.com/

  14. paaja  

    27 April 2012 00.08

    mas bisa lebih lengkap ga mas cara install windows xp nya
    soalnya saya baru pertma kali ni masuk ke bios settingan apa lah itu kan biasanya kalo komputer saya rusak saya suruh orang benerin, kan kalo udah instal windows xp perasaan saya liat orangnya masih masukin cd instl ini lah itu lah emangnya itu instal apaan ya mas mohon bantuannya mas saya baru pertama kali ni otak atik, kalo bisa kirim ke khoerulanwar297@gmail.com

    makasih atas infonya secepatnya mas

  15. Prinki Davita Lara  

    27 April 2012 10.46

    gan, ane mau install win xp, tapi gak bisa delete partition, kenapa ya???

  16. Milanisti sezione madiun  

    4 Mei 2012 19.34

    Nice Share Mas...

    ijin unduh yaa

  17. Mymynk Muhaymynk  

    18 September 2012 09.32

    mau nyoba dulu

  18. Andy Saputra  

    27 Mei 2013 16.27

    http://andyputra3i.blogspot.com/

  19. Sef tino  

    28 Juni 2013 16.38

    bang, apakah bisa pc share ncx-2000-xp menggunakan sistem operasi windows 7 ?

Posting Lebih Baru Posting Lama Dona Alfian Blog

Rekomendasi Info



Dona Alfian Blog Iklan Khusus